Minggu, 16 Februari 2014

Resep Hari Ini : Dapur Umami - Ayam Kung Pao

Ayam Kung Pao...one of my family favourite food :p


Dan chef yang harus masak si ayam kung pao ini adalah....SAYA!! Lagi - lagi SAYA!! Tadi pagi habis bangun tidur dengan nyawa yang belum sepenuhnya ngumpul, saya berjalan menuju dapur untuk meneguk segelas air putih...Dan si Mama bilang, "Yan, itu ada ayam...Nanti kamu yang masak ayam kung pao-nya ya." Dan nyawa saya yang tadinya masih seperempat tiba - tiba langsung full. Antara senang dan nggak senang. Senangnya bisa mengasah kemampuan masak yang pas - pasan dan nggak senangnya selalu aja nggak kebagian si ayam kung pao.

Awal mula saya masak si ayam kung pao ini adalah ketika si Mama baru pulang sambil bawa 2 bungkus saus tiram sachet...dan di keranjang bawang ada warna coklat keemasan si kulit bawang bombay yang nggak biasanya di beli Mama. Iseng - iseng tanya si Mama mau masak apa kok pake bawang bombay segala. Si Mama cuma bilang mau masak ayam di kasih saus tiram, di kasih kecap sama bawang bombay. Dalam hati saya berpikir, apa si Mama ini mau masak ayam teriyaki. Tapi kalo ayam teriyaki kenapa pake saus tiram??

Iseng - iseng saya buka folder video aneka masakan di komputer saya. Saya coba cari resep teriyaki dan ternyata nggak ada yang namanya ayam teriyaki, tapi yang ada si ayam kung pao. Daripada sia - sia nyalain komputer saya yang lemotnya minta ampun, saya akhirnya buka si video ayam kung pao dan....ternyata yang mau dimasak si Mama ini adalah Ayam Kung Pao...

Dengan bangganya saya tunjukkin video ini dan Mama bilang, "Waduh...dimana cari cabe kering sama paprika-nya." Dan saya pun nyeletuk kalo nggak perlu cabe kering sama paprika alias pake bahan - bahan seadanya aja. Dan si Mama bilang, "Kamu saja yang masak, Mama nggak bisa masaknya." Dieng!!! Dengan senang hati saya bilang "OK" Saya pun masak dengan penuh perasaan, dan hasilnya kata si Mama enak!! :) dan ending - endingnya saya nggak kebagian...hiks :'(

Nah, kali ini saya akan membagikan resep Ayam Kung Pao ini . Ini resep yang asli alias bukan modifikasi saya.. :)
 
Ayam Kung Pao


Bahan - bahan :

- 2 bh dada ayam fillet
- 4 bh cabai kering
- 2 btg daun bawang
- 1 bh bawang bombay
- 1 bh paprika
- 40 g kacang mete goreng
- 6 sdm SAORI® Saus Tiram (3 sdm untuk membalur ayam, 3 sdm untuk menumis)
- 1 sdm gula merah
- 50 ml air
- Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat :

1. Potong-potong cabai kering, daun bawang, dan bawang bombay. Potong segitiga paprika. Potong dadu dada ayam.
2. Balur ayam dengan SAORI® Saus Tiram, ratakan. Diamkan ± 10 menit. Goreng ayam ± 30 detik , angkat, sisihkan.
3. Tumis cabai kering, daun bawang, bawang bombay, dan paprika hingga harum. Tambahkan gula merah, air, dan SAORI® Saus Tiram.
4. Masukkan ayam goreng, masak hingga matang, angkat, taburkan kacang mete, sajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar